Langsung ke konten utama

10 Tips Foto Portrait dari Google

TIPS FOTO POTRAIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE

Meski cuma punya satu kamera belakang, duo Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL punya mode portrait yang bisa diandalkan. Untuk memaksimalkan mode tersebut, Google pun memberi 10 tips untuk mengambil foto portrait.

Hasil portrait menggunakan Pixel 2. Foto: Google

Meski sebenarnya tips ini ditujukan untuk para pengguna Pixel 2, sebenarnya tips ini juga bisa diterapkan di ponsel lain.


1. Mendekat
Ini adalah trik paling penting dalam foto portrait yang bagus. Yaitu semakin dekat jarak antara kamera dengan subjek, maka blur atau bokeh pada latar belakang foto akan semakin muncul.

2. Tingkatkan jarak antara subjek dengan latar
Selain mendekatkan kamera dengan subjek, menjauhkan subjek dengan latar juga akan semakin memunculkan bokeh.

3. Tap pada wajah
Jangan lupa juga untuk men-tap subjek di layar ponsel untuk mengatur fokus dan exposure. Hal ini wajib dilakukan, terutama jika pencahayaan di latar foto jauh lebih kuat dari subjek. Slider pada bagian bawah layar juga bisa dimanfaatkan untuk mengatur exposure.

4. Taruh subjek di bagian depan
Bokeh yang dihasilkan akan lebih bagus jika subjek ditaruh pada bagian depan alias foreground. Hal ini juga semakin menonjolkan si subjek pada foto.

5. Ganti perspektif
Angle foto yang unik juga bisa membuat foto semakin menarik. Misalnya low angle untuk meniru sudut pandang anak-anak atau binatang, atau bisa juga memotret dari atas untuk menonjolkan bentuk atau komponen grafis dari sebuah objek.

6. Rule of third
Ini tips fotografi yang paling dasar, yaitu menaruh subjek di frame dengan aturan rule of third. Cara mudahnya buatlah masing-masing dua garis imajiner secara vertikal dan horisontal untuk panduan, dan si subjek harus ditaruh pada titik di mana garis itu berpotongan.

Atau cara mudahnya, nyalakan sajak opsi 3x3 grid pada kamera ponsel untuk memunculkan garis imajiner itu. Trik mudah seperti ini akan menghasilkan komposisi foto yang (biasanya) lebih bagus dari komposisi yang 'dead center' alias menaruh subjek pada bagian tengah foto.

7. Buat lebih sederhana Sebuah foto bisa gagal dalam bercerita jika terlalu banyak objek yang mengalihkan perhatian dari si subjek. Hal ini bisa diatasi dengan menyederhanakan detail-detail yang ada dalam foto.

Jangan lupa juga untuk mengecek ulang pinggiran frame foto sebelum menekan tombol shutter. Hal ini untuk memastikan tidak ada objek-objek yang tak diinginkan masuk ke dalam frame.

8. Manfaatkan garis
Coba cari garis-garis seperti bata, ubin, tangga, atau garis yang ada di gedung dan masukkan ke dalam foto untuk menciptakan perspektif. Garis ini berfungsi untuk mengarahkan perhatian foto ke si subjek dan memberikan kesan mendalam pada foto.

9. Pencahayaan adalah segalanya

Anda memang tak selalu bisa mengatur pencahayaan saat akan memotret, namun alternatifnya anda tentu bisa mencari tempat dengan kondisi pencahayaan lebih baik. Misalnya memotret di luar ruangan, atau mengubah arah kamera sesuai dengan cahaya.

Siang hari dengan matahari yang sangat terik juga bukan kondisi bagus untuk memotret karena cahayanya terlalu 'keras'. Biasanya kondisi ini akan memunculkan bayangan hitam di bawah mata. Untuk itu anda bisa memanfaatkan awan untuk menghasilkan cahaya yang lebih halus.

Memotret di malam hari bisa diatasi dengan memanfaatkan lampu flash ponsel teman yang dinyalakan dalam mode flashlight untuk menerangi subjek.

10. Jauhi keramaian
Mode portrait akan berfungsi lebih baik ketika semua subjek berada pada jarak yang sama dengan kamera. Hal ini bisa dicapai dengan lebih mudah ketika memotret orang yang berjumlah sedikit.



Sumber

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Pemukiman di Jepang

Pada sketsa diatas menceritakan suasana asri dan indah disuatu Pemukiman, tidak banyak polusi dan udara yang masih bersih dari polusi dan sampah daripada perkotaan lainnya, dan suasana yang damai tidak ruwet seperti di Indonesia.

Pengertian Design Grafis dan Review 5 Software Design Animasi

PENGERTIAN DESIGN GRAFIS DAN REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI PENGERTIAN DESIGN GRAFIS           Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya. Dalam desain grafis juga semua elemen seperti teks, bentuk, tabel dan sebagainya diangap sebagai sebuah gambar, karena hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang tersembunyi. REVIEW: 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI 1.       Poser Pro Poser Pro adalah aplikasi pencipta karakter dan animasi menggunakan konten untuk grafis professional, illustrator, animator, dan desainer, Posser pro sudah menjadi software animasi yang paling disukai selama 20 tahun terakhir. Poser Pro termasuk alat penciptaan karakter 3D yang kuat termasuk pakaian pas, morph penciptaan sasaran, alat pemetaan berat badan, jaringan rendering dan koleksi penuh poser 10 fitur, tetapi dalam aplikasi 64 - bit asli. terdapat beberapa kekurangan dan keunggulan da