Langsung ke konten utama

Perbedaan Sistem Cerdas Dalam Digital Transaction di 3 Negara


Transaksi digital merupakan salah satu bentuk kecedasan buatan dalam hal transaksi yang digunakan untuk pembayaran tanpa menggunakan uang tunai atau biasa dikenal dengan cashless. Transaksi digital jangkauannya sekarang sangat luas, bahkan merchant-merchant kecil sudah menerima jenis transaksi ini (tentunya bekerjasama dengan pihak penyedia pembayaran). Transaksi digital memudahkan kita dalam hal transaksi, karena kita tidak perlu membawa uang tunai untuk bertransaksi.


Pada tulisan ini, saya akan membahas 3 negara berbeda yang menggunakan jenis transaksi digital pada negaranya masing-masing.

INDONESIA (DANA)
Image result for dana indonesia
Indonesia sekarang mulai banyak mengembangkan transaksi digital. Salah satunya adalah adalah DANA. DANA merupakan salah satu sistem transaksi digital yang ada di Indonesia. Baru-baru ini DANA memperkenal diri di Indonesia. DANA dapat digunakan untuk membayar berbagai macam kebutuhan seperti membeli tiket secara online, membayar tagihan listrik maupun air, membeli pulsa, membayar pembayaran dari e-commerce, dsb. Sebenarnya sistem transaksi digital di Indonesia ada banyak diantaranya, OVO, T-Cash milik Telkomsel, dll.
Berikut contoh tampilan dari aplikasi DANA
Screenshot Image
Contoh cara pembayaran menggunakan DANA
Untuk cara penggunaannya DANA sangat mudah digunakan, cukup dengan scan barcode yang terdapat pada layar smarphone ke scanner yang tersedia di tiap tempat pembayaran yang disediakan. (Seperti cuplikan video di atas).


JEPANG (LINE PAY)
Image result for line pay
Line Pay merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang dikeluarkan / dikembangkan oleh LINE CORP. Line Pay terintegrasi langsung dengan aplikasi LINE. Line Pay dapat digunakan untuk membeli berbagai produk yang terdapat di Line Store atau Line Shopping. Kekurangan dari Line Pay ini adalah kurangnya merchant yang bekerja sama dengan Line Pay ini, terutama di Indonesia.
Cara Penggunaan Line Pay


KORSEL (KAKAO PAY)
Image result for kakao pay
Kakao Pay adalah jenis layanan pembayaran digital yang disediakan oleh KAKAO dari Korea Selatan. Layanan Kakao Pay ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara cashless dengan cara menggunakan NFC (Near Field Communication) atau dengan QR Code.
Kakao Pay didirikan pada 5 September 2014. Kakao Pay ini terintegrasi langsung dengan aplikasi chating Kakao Talk. Kakao Pay juga dapat mengirim uang ke kontak yang ada Kakao Talk, tetapi penerima juga harus menggunakan Kakao Pay terlebih dahulu.
Cara Penggunaan Kakao Pay
Cara kerja Kakao Pay mirip dengan DANA, tetapi Kakao Pay memiliki fitur metode pembayaran dengan NFC, metode NFC hanya perlu menempelkan perangkat smartphone ke alat pembayaran lalu memasukkan pin pengguna.

Untuk kesimpulannya pembayaran transaksi secara digital (cashless) sangat menguntungkan bagi pengguna, karena orang-orang jadi tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar. Dan cara pembayarannya juga dilakukan dengan mudah, bahkan lebih mudah dari menggunakan kartu debit atau kredit. 

Sumber



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Pemukiman di Jepang

Pada sketsa diatas menceritakan suasana asri dan indah disuatu Pemukiman, tidak banyak polusi dan udara yang masih bersih dari polusi dan sampah daripada perkotaan lainnya, dan suasana yang damai tidak ruwet seperti di Indonesia.

Pengertian Design Grafis dan Review 5 Software Design Animasi

PENGERTIAN DESIGN GRAFIS DAN REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI PENGERTIAN DESIGN GRAFIS           Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya. Dalam desain grafis juga semua elemen seperti teks, bentuk, tabel dan sebagainya diangap sebagai sebuah gambar, karena hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang tersembunyi. REVIEW: 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI 1.       Poser Pro Poser Pro adalah aplikasi pencipta karakter dan animasi menggunakan konten untuk grafis professional, illustrator, animator, dan desainer, Posser pro sudah menjadi software animasi yang paling disukai selama 20 tahun terakhir. Poser Pro termasuk alat penciptaan karakter 3D yang kuat termasuk pakaian pas, morph penciptaan sasaran, alat pemetaan berat badan, jaringan rendering dan koleksi penuh poser 10 fitur, tetapi dalam aplikasi 64 - bit asli. terdapat beberapa kekurangan dan keunggulan da

10 Tips Foto Portrait dari Google

TIPS FOTO POTRAIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE Meski cuma punya satu kamera belakang, duo Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL punya mode portrait yang bisa diandalkan. Untuk memaksimalkan mode tersebut, Google pun memberi 10 tips untuk mengambil foto portrait. Meski sebenarnya tips ini ditujukan untuk para pengguna Pixel 2, sebenarnya tips ini juga bisa diterapkan di ponsel lain.