Langsung ke konten utama

Kekurangan & Kelebihan E-Commerce


Image result for e-commerce
Perdagangan online atau yang biasa kita kenal dengan istilah Online Shop / E-commerce bukan lagi suatu hal yang asing di zaman sekarang ini. E-commerce merupakan salah satu bentuk kecerdasan buatan dalam bidang bisnis / perdagangan. Pengertian dari E-commerce sendiri adalah perdagangan yang dilakukan secara elektronik baik melalui media seperti televisi ataupun internet (komputer dan smartphone).

Image result for e-commerce

E-Commerce saat ini dapat dijumpai diberbagai media, mulai dari televisi, komputer hingga smartphone. Hal ini yang membuat e-­commerce disenangi oleh banyak orang.

Meskipun begitu, e-commerce sendiri memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihan dan kekurangannya akan dibahas pada tulisan ini.

Kelebihan e-commerce:

Menghemat waktu

Image result for time saving

Karena e-commerce dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tentu akan memudahkan serta mempersingkat waktu kita dalam berbelanja. Kita dapat melakukan transaksinya tanpa terkendala waktu dan jarak.

Banyak pilihan barang

Image result for e commerce product category list

Di e-commerce banyak kategori barang yang telah dibuat. Kita hanya perlu memilih kategori yang diinginkan, dan akan ditampilkan banyak pilihan barang dari kategori tersebut. Hal ini juga menghemat tenaga serta waktu kita.

Harga variatif

Image result for discount pics

Pada e-commerce tentunya banyak orang yang menjual barang yang sama, hal ini tentunya menguntungkan kita sebagai pembeli, karena kita dapat melihat harga yang sangat bervariasi dan tentunya kita dapat membeli barang dengan harga terendah yang kita dapat. Kita juga bisa mendapat banyak promo tertentu dari pihak e-commerce.

Tanpa batasan jarak

Image result for distance pics

Pada e-commerce kita dapat berbelanja tanpa harus jauh-jauh pergi ke toko tersebut. Pembeli tidak perlu khawatir akan kendala jarak.


Kekurangan e-commerce:

Tidak bisa mengecek

Image result for broken stuff from ebay

Kekurangan ini mungkin kekurangan paling utama dari e-commerce, karena pembelian dilakukan secara online, maka kita tidak akan bisa mengecek barang yang akan kita beli. Jadi, kita tidak akan tahu jika barang tersebut memiliki kekurangan.

Kurangnya interaksi langsung

Image result for talk pics

Karena transaksi dilakuakan melalui media internet, maka interaksi langsung antara penjual dan pembeli menjadi kurang baik, karena jika dilakukan interaksi secara langsung penjual dan pembeli dapat berinteraksi lebih leluasa.

Kemungkinan penipuan

Image result for fraud pics

Kekurangan ini merupakan resiko yang paling besar dalam berbelanja online. Karena kita tidak tahu apakah penjual mengirim barang sesuai dengan pesanan atau tidak. Maka kita harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi online (e-commerce).


Perkembangan sistem cerdas di Indonesia pasti bisa berkembang lebih jauh, karena Indonesia mulai menerapkan dan memperluas penggunaan sistem cerdas. Mulai dari pembayaran transaksi, pembayaran pintu tol, pemesanan tiket, dan masih banyak lagi. Di tahun yang mendatang pasti akan ada lebih banyak penerapan sistem cerdas yang lebih baik serta menguntungkan untuk masyarakat.

Sumber

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Pemukiman di Jepang

Pada sketsa diatas menceritakan suasana asri dan indah disuatu Pemukiman, tidak banyak polusi dan udara yang masih bersih dari polusi dan sampah daripada perkotaan lainnya, dan suasana yang damai tidak ruwet seperti di Indonesia.

Pengertian Design Grafis dan Review 5 Software Design Animasi

PENGERTIAN DESIGN GRAFIS DAN REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI PENGERTIAN DESIGN GRAFIS           Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya. Dalam desain grafis juga semua elemen seperti teks, bentuk, tabel dan sebagainya diangap sebagai sebuah gambar, karena hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang tersembunyi. REVIEW: 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI 1.       Poser Pro Poser Pro adalah aplikasi pencipta karakter dan animasi menggunakan konten untuk grafis professional, illustrator, animator, dan desainer, Posser pro sudah menjadi software animasi yang paling disukai selama 20 tahun terakhir. Poser Pro termasuk alat penciptaan karakter 3D yang kuat termasuk pakaian pas, morph penciptaan sasaran, alat pemetaan berat badan, jaringan rendering dan koleksi penuh poser 10 fitur, tetapi dalam aplikasi 64 - bit asli. terdapat beberapa kekurangan dan keunggulan da

10 Tips Foto Portrait dari Google

TIPS FOTO POTRAIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE Meski cuma punya satu kamera belakang, duo Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL punya mode portrait yang bisa diandalkan. Untuk memaksimalkan mode tersebut, Google pun memberi 10 tips untuk mengambil foto portrait. Meski sebenarnya tips ini ditujukan untuk para pengguna Pixel 2, sebenarnya tips ini juga bisa diterapkan di ponsel lain.