Perdagangan online atau yang biasa kita kenal
dengan istilah Online Shop / E-commerce bukan lagi suatu hal yang asing di
zaman sekarang ini. E-commerce merupakan
salah satu bentuk kecerdasan buatan dalam bidang bisnis / perdagangan.
Pengertian dari E-commerce sendiri
adalah perdagangan yang dilakukan secara elektronik baik melalui media seperti
televisi ataupun internet (komputer dan smartphone).
E-Commerce saat ini dapat dijumpai diberbagai media, mulai dari televisi, komputer hingga smartphone. Hal ini yang membuat e-commerce disenangi oleh banyak orang.
Meskipun begitu, e-commerce sendiri memiliki kelebihan serta kekurangan. Kelebihan
dan kekurangannya akan dibahas pada tulisan ini.
Kelebihan e-commerce:
Menghemat
waktu
Karena e-commerce
dapat diakses di mana saja dan kapan saja, tentu akan memudahkan serta
mempersingkat waktu kita dalam berbelanja. Kita dapat melakukan transaksinya
tanpa terkendala waktu dan jarak.
Banyak
pilihan barang
Di e-commerce
banyak kategori barang yang telah dibuat. Kita hanya perlu memilih kategori
yang diinginkan, dan akan ditampilkan banyak pilihan barang dari kategori
tersebut. Hal ini juga menghemat tenaga serta waktu kita.
Harga variatif
Pada e-commerce
tentunya banyak orang yang menjual barang yang sama, hal ini tentunya
menguntungkan kita sebagai pembeli, karena kita dapat melihat harga yang sangat
bervariasi dan tentunya kita dapat membeli barang dengan harga terendah yang
kita dapat. Kita juga bisa mendapat banyak promo tertentu dari pihak e-commerce.
Tanpa
batasan jarak
Pada e-commerce
kita dapat berbelanja tanpa harus jauh-jauh pergi ke toko tersebut. Pembeli
tidak perlu khawatir akan kendala jarak.
Kekurangan e-commerce:
Tidak
bisa mengecek
Kekurangan ini mungkin kekurangan paling utama
dari e-commerce, karena pembelian
dilakukan secara online, maka kita
tidak akan bisa mengecek barang yang akan kita beli. Jadi, kita tidak akan tahu
jika barang tersebut memiliki kekurangan.
Kurangnya
interaksi langsung
Karena
transaksi dilakuakan melalui media internet, maka interaksi langsung antara
penjual dan pembeli menjadi kurang baik, karena jika dilakukan interaksi secara
langsung penjual dan pembeli dapat berinteraksi lebih leluasa.
Kemungkinan
penipuan
Kekurangan
ini merupakan resiko yang paling besar dalam berbelanja online. Karena kita
tidak tahu apakah penjual mengirim barang sesuai dengan pesanan atau tidak.
Maka kita harus lebih berhati-hati dalam bertransaksi online (e-commerce).
Perkembangan sistem cerdas di Indonesia pasti bisa berkembang lebih jauh, karena Indonesia mulai menerapkan dan memperluas penggunaan sistem cerdas. Mulai dari pembayaran transaksi, pembayaran pintu tol, pemesanan tiket, dan masih banyak lagi. Di tahun yang mendatang pasti akan ada lebih banyak penerapan sistem cerdas yang lebih baik serta menguntungkan untuk masyarakat.
Sumber
Terimakasih atas infonya :)
BalasHapus