Langsung ke konten utama

Artificial Intelligence - Microsoft Cortana

Artificial Intellegent merupakan terobosan teknologi yang sangat populer hingga saat ini. Banyak perusahaan-perusahaan besar berlomba-lomba menyematkan kecerdasan buatan ini ke dalam produk mereka. Kecerdasan buatan (AI) sangatlah luas jika dibagi menurut fungsi, ada yang digunakan untuk kesehatan, olahraga, pendidikan, dan bahkan permainan. Pada tulisan kali ini, saya akan membahas tentang kecerdasan buatan (AI) pada suatu persuhaan besar, yaitu Microsoft.

Related image


Microsoft adalah perusahaan multinasional Amerika Serikat. Microsoft merupakan perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia menurut pendapatannya, serta Microsoft merupakan salah satu paling bernilai di dunia. Banyak produk-produk dari Microsoft yang kita kenal baik software maupun hardware, mulai dari sistem operasi Windows, MS Office, serta Xbox. Microsoft juga memiliki teknologi yang mengusung kecerdasan buatan, yaitu Microsoft Cortana. Microsoft Cortana merupakan virtual personal assistant yang dikembangkan oleh Microsoft.

Image result for microsoft logo png




Sebelum membahas lebih jauh, mari sekilas lihat Visi dan Misi dari Microsoft.

Visi

Menjadi pemimpin pasar global dengan membuat trobosan baru untuk menciptakan revolusi besardi bidang teknologi mikroprosesor.

Misi

a.)Memberikan layanan terbaik dengan memenuhi keinginan pelanggan guna menjaga hubunganbaik.
b.)Menciptakan suatu layanan dengan memberikan kemudahaan dan kenyamanan bagi parapenggunanya atau menciptakan lingkungan antar muka
c.)Merekrut karyawan pekerja keras yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan pemrograman.
d.)Menetapkan standar industri untuk menjadi pemimpin industri.
e.)Membuat produk yang berkualitas dengan harga yang murah.



Apa itu Cortana ?

Cortana merupakan virtual personal assistant atau asisten pribadi virtual yang dirilis oleh Microsoft pada 2 April 2014. Penamaan kortana diambil dari kecerdasan sisntetis dalam sebuah video game yaitu Halo Microsoft.

Image result for cortana gif

Cortana dibuat oleh Microsoft untuk memudahkan penggunanya dalam menjalankan desktopnya. Pengguna dapat memerintahkan Cortana hanya dengan suara, tanpa bantuan mouse ataupun keyboard dengan cara mengucapkan “Hey Cortana”. Cortana dapat menerima perintah berupa memasang pengingat untuk jadwal tertentu atau hanya sekedar memainkan musik pada komputer. Cortana juga sudah banyak kompatibel dengan aplikasi-aplikasi resmi dari Windows Store agar Cortana dapat bekerja maksimal. Cortana dapat terhubung dengan akun Microsoft pengguna, dan Cortana bisa mempelajari kebiasaan user dan akan menyelaraskannya. Cortana juga akan mengingatkan kejadian atau acara penting yang ada pada kalender pengguna. 

Cortana memiliki banyak kelebihan untuk mempermudah pekerjaan pengguna, seperti mencari sesuatu di browser, memasang alarm, membuka sebuah aplikasi semua bisa dilakukan tanpa harus mengetikkan perintah pada keyboard atau klik pada mouse, bisa dilakukan hanya dengan perintah suara.


Sementara kekurangan yang dimilki Cortana adalah terbatasnya penggunaan bahasa yang bisa digunakan untuk perintah suara. Bahasa yang bisa digunakan adalah Inggris, Cina, Jerman, Itali, Jepang, Brazil, Portugal, dan Spanyol.


Pada saat ini Cortana didukung multi-platform. Cortana hadir di Windows 10, Windows Phone, Android, iOS bahkan Cortana tersedia pada console Xbox.


Berikut merupakan beberapa contoh demo Cortana diberbagai platform :

Cortana pada Windows 10



Cortana pada Windows Phone



Cortana pada Android



Cortana pada Xbox





Referensi
Google Image

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Pemukiman di Jepang

Pada sketsa diatas menceritakan suasana asri dan indah disuatu Pemukiman, tidak banyak polusi dan udara yang masih bersih dari polusi dan sampah daripada perkotaan lainnya, dan suasana yang damai tidak ruwet seperti di Indonesia.

Pengertian Design Grafis dan Review 5 Software Design Animasi

PENGERTIAN DESIGN GRAFIS DAN REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI PENGERTIAN DESIGN GRAFIS           Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya. Dalam desain grafis juga semua elemen seperti teks, bentuk, tabel dan sebagainya diangap sebagai sebuah gambar, karena hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang tersembunyi. REVIEW: 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI 1.       Poser Pro Poser Pro adalah aplikasi pencipta karakter dan animasi menggunakan konten untuk grafis professional, illustrator, animator, dan desainer, Posser pro sudah menjadi software animasi yang paling disukai selama 20 tahun terakhir. Poser Pro termasuk alat penciptaan karakter 3D yang kuat termasuk pakaian pas, morph penciptaan sasaran, alat pemetaan berat badan, jaringan rendering dan koleksi penuh poser 10 fitur, tetapi dalam aplikasi 64 - bit asli. terdapat beberapa kekurangan dan keunggulan da

10 Tips Foto Portrait dari Google

TIPS FOTO POTRAIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE Meski cuma punya satu kamera belakang, duo Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL punya mode portrait yang bisa diandalkan. Untuk memaksimalkan mode tersebut, Google pun memberi 10 tips untuk mengambil foto portrait. Meski sebenarnya tips ini ditujukan untuk para pengguna Pixel 2, sebenarnya tips ini juga bisa diterapkan di ponsel lain.