Langsung ke konten utama

PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS



PENGANTAR TEKNOLOGI SISTEM CERDAS


Dalam zaman modern seperti ini tentu kita tidak asing dengan teknologi semakin maju. Semakin banyak teknologi baru yang sangat pintar saat ini, teknologi tersebut dapat membantu pekerjaan kita semakin mudah kita selesaikan. Teknologi tersebut memiliki kecerdasan tersendiri yang telah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya, teknologi tersebutlah yang dibisa kita sebut sebagai sistem cerdas.




Definisi Sistem Cerdas 
                          
Sistem cerdas adalah sistem yang memiliki kecerdasan seperti manusia dan dapat berinteraksi serta beradaptasi dengan kebiasaan pengguna atau biasa disebut user. Salah satu sitem cerdas yang sangat popular ada Kecerdasan Buatan atau yang biasa dikenal dengan istilah Artifical Intelligence (AI). AI sendiri merupakan sistem yang telah dirancang dan diberi kecerdasan untuk memenuhi segala kebutuhan manusia.

Sejarah Sistem Cerdas

Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI yang pertama bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan" pada konferensi pertama yang disediakan untuk persoalan ini, pada 1956. Dia juga menemukan bahasa pemrograman LispAlan Turing memperkenalkan "Turing test" sebagai sebuah cara untuk melaksanakan test perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membuat ELIZA, sebuah chatterbot yang menerapkan psikoterapi Rogerian.

Selama tahun 1960-an sampai 1970-an, Joel Moses mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf sederhana dan Alain Colmerauer mengembangkan bahasa komputer PrologTed Shortliffe mendemonstrasikan kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar pertama. Hans Moravec mengembangkan kendaraan terkendali komputer pertama untuk mengatasi jalan berintang yang kusut secara mandiri.

Pada tahun 1980-an, jaringan saraf digunakan secara meluas dengan algoritma perambatan balik, pertama kali diterangkan oleh Paul John Werbos pada 1974. Pada tahun 1982, para ahli fisika seperti Hopfield menggunakan teknik-teknik statistika untuk menganalisis sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan saraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model jaringan saraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma pembelajaran propagansi balik (Back-Propagation learning). Algoritma ini berhasil diimplementasikan ke dalam ilmu komputer dan psikologi. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparov dalam sebuah pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. 

DARPA menyatakan bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI sejak tahun 1950 pada pemerintah AS.
Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah 2 juta dollar dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa bantuan manusia, menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor-sensor yang canggih, melintasi ratusan mil daerah gurun yang ekstrim.


Contoh Sistem Cerdas Di Kehidupan Sehari-hari

Face Recognition

  
Face Recognition atau dikenal dengan nama pengenal wajah adalah contoh teknologi sistem cerdas untuk sektor keamanan. Keamanan suatu device akan sangat aman jika memiliki teknologi ini, karena jika sistem tidak mengenali muka yang dipindai, maka sistem tidak akan terbuka.


AI Camera

AI Camera adalah salah satu sistem cerdas yang banyak digunakan di smartphone zaman sekarang. AI Camera dapat berfungsi untuk mendeteksi atau mengenali objek yang ada di depan kamera atau yang akan kita foto. Misalkan kita akan mengambil foto tanaman, maka sistem akan memindai objek sebagai tanaman dan langsung menyesuaikan saturasi warna yang cocok untuk foto yang akan diambil tersebut secara otomatis.



DRONE / UAV



Drone atau UAV (Unnamed Aircraft Vehicle) adalah sebuah kendaraan udara tanpa awak yang bisa dikendalikan secara jarak jauh (dengan batasan jarak tertentu) dengan remote kontrol. Kendaraan atau alat ini memiliki fungsi untuk melihat situasi wilayah yang tidak bisa kita capai.

 


Retina Recognition

Retina Reconigition memiliki fungsi sama seperti face recognition, hanya saja tingkat keamanan untuk retina recognition lebih tinggi dibanding face recognition, karena setiap retina yang berbeda-beda dan warna mata yang berbeda-beda juga.





Sensor Parkir pada Mall

Sensor parkir pada mall juga merupakan salah satu contoh sistem cerdas yang seringkali kita jumpai di mall di kota-kota besar.












Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Animasi Pemukiman di Jepang

Pada sketsa diatas menceritakan suasana asri dan indah disuatu Pemukiman, tidak banyak polusi dan udara yang masih bersih dari polusi dan sampah daripada perkotaan lainnya, dan suasana yang damai tidak ruwet seperti di Indonesia.

Pengertian Design Grafis dan Review 5 Software Design Animasi

PENGERTIAN DESIGN GRAFIS DAN REVIEW 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI PENGERTIAN DESIGN GRAFIS           Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaiannya. Dalam desain grafis juga semua elemen seperti teks, bentuk, tabel dan sebagainya diangap sebagai sebuah gambar, karena hal tersebut merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang tersembunyi. REVIEW: 5 SOFTWARE DESIGN ANIMASI 1.       Poser Pro Poser Pro adalah aplikasi pencipta karakter dan animasi menggunakan konten untuk grafis professional, illustrator, animator, dan desainer, Posser pro sudah menjadi software animasi yang paling disukai selama 20 tahun terakhir. Poser Pro termasuk alat penciptaan karakter 3D yang kuat termasuk pakaian pas, morph penciptaan sasaran, alat pemetaan berat badan, jaringan rendering dan koleksi penuh poser 10 fitur, tetapi dalam aplikasi 64 - bit asli. terdapat beberapa kekurangan dan keunggulan da

10 Tips Foto Portrait dari Google

TIPS FOTO POTRAIT MENGGUNAKAN SMARTPHONE Meski cuma punya satu kamera belakang, duo Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL punya mode portrait yang bisa diandalkan. Untuk memaksimalkan mode tersebut, Google pun memberi 10 tips untuk mengambil foto portrait. Meski sebenarnya tips ini ditujukan untuk para pengguna Pixel 2, sebenarnya tips ini juga bisa diterapkan di ponsel lain.